Tentang Kami

LATAR BELAKANG

Anak-anak merupakan tunas generasi muda mendatang yang menjadi tulang punggung bangsa dan pembangunan umat. Anak -anak adalah anugerah terindah dan sekaligus amanat Allah SWT yang wajib dijaga, dididik, dilindungi, diayomi, dicintai, dan diberikan kasih sayang, tentunya itu semua sebagian besar dilakukan oleh orang tua di dalam sebuah keluarga.

Kita sadari bersama bahwa keluarga adalah fondasi bangunan ummat. Keluarga dapat menentukan bagaimana masa depan suatu umat dan bangsa. Keluarga pulalah yang menjadi ujung tombak dalam perbaikan dan pendidikan masyarakat.

Tapi, bagaimana dengan anak-anak yatim, piatu dan duafa anak-anak terlantar dan anak-anak dari keluarga kurang mampu ? Apakah mereka akan mendapatkan semua itu? Apakah mereka akan mempunyai keluarga yang menopang kehidupan mereka ? Sementara negara belum dapat memberikan hak-hak mereka.

Mengingat kondisi bangsa Indonesia saat ini yang terpuruk sejak tahun 1997, yaitu dengan adanya krisis multidimensional yang berkepanjangan berakibat semakin bertambahnya masyarakat miskin dan anak-anak terlantar. Begitu pula dengan kehidupan akhlak yang semakin lama semakin dangkal, sehingga di berbagai tempat terlihat masyarakat dhua’fa yang atas kemampuannya tidak lagi mempunyai daya untuk menghidupi diri sendiri, akibatnya kuantitas kerawanan dan penyakit masyarakat semakin meningkat.

Oleh karena itulah, didirikanlah Yayasan Pendidikan Islam Al Amin. Yayasan ini resmi berdiri dengan akta Notaris : Hj. RURI HABSARIWATI, S.H. No 1 tanggal 17 Desember 1999 dengan Rekomendasi Departemen Sosial Bandung Nomor: 062/102/BINSOS yang diketuai oleh Drs. H. Saefudin. Yayasan ini terletak di Jl. Embong / Gg. Haurkuning No. 8 Bandung atau lebih dikenal dengan cabang Naripan.

Pada tahun 2002 – 2003, Yayasan Al Amin menampung 33 anak berumur 6 tahun hingga 19 tahun. Mengingat rentang umur anak didik yang terlalu jauh, maka Yayasan Al Amin membuka cabang kedua di daerah Kiaracondong pada tahun 2003. Cabang ini menampung anak didik putra dengan tingkat pendidikan SMP dan SMA. Kemudian pada tahun 2004, Al Amin kembali membuka cabang di daerah Cipadung. Cabang ini juga untuk menampung anak didik putra dengan tingkat pendidikan SMP dan SMA. Hingga sekarang, Al Amin menampung 51 anak berumur 4 tahun hingga 19 tahun.

 MISI

Menjadi lembaga sosial yang profesional dengan memberikan wadah pembinaan, pengarahan pendidikan yang islami, intensif, dan terpadu.

 VISI

  1. Membekali kemampuan bagi generasi muda yang islami dan siap pakai.
  2. Mengajarkan Al-Qur’an dan Al-Sunnah serta aqidah yang shahih melalui pendidikan dan pembinaan di Yayasan Al-Amin.
  3. Menanamkan perilaku yang terpuji dan sifat-sifat yang luhur bagi terwujudnya peradaban Islam yang religius.
  4. Memberikan kemampuan soft skill yang berguna bagi anak-anak terdidik.